Pekanbaru: Sarapan Lontong Senapelan, Makan Siang Sop Tunjang

Akhir pekan ini, saya setengah pulang kampung ke Riau. Saya sebut “setengah” karena perginya cuma sampai Pekanbaru, sementara kampung saya adalah di Bagansiapi-Api, sekitar 7-8 jam dari Pekanbaru. Tujuan pulang kampung sebenarnya adalah mengunjungi Bapak yang sedang dirawat di rumah sakit di Pekanbaru.

Alhamdulillah, kondisi Bapak sudah membaik dan hari ini saya bisa kembali ke Jakarta. Sebelum pulang, saya pengen share sedikit dua tempat makan yang saya sempat datangi di Pekanbaru. Dan ini penting dicoba!

20130414-150516.jpg

Yang pertama adalah sarapan Lontong Sayur Senapelan. Walaupun sekilas tampak mirip dengan lontong sayur Padang, tapi lontong sayur ini agak sedikit berbeda. Ia dihidangkan bersama mie telur dan rasanya agak sedikit manis, selain juga pedas. Untuk sayurnya, ada sayur nangka dan pakis. Biasanya, lontong sayur ini disajikan bersama telir rebus. Untuk satu porsinya, kita cuma perlu membayar Rp 7.000 saja. Untuk variasi, di warung ini juga disediakan lontong pical, semacam pecel khas jawa yang berisi sayuran dan lontong dibumbui sambal pecal/ pical.

Lontong Sayur Senapelan berada di Jl. Sudirman Pekanbaru, hanya terpisah sekitar 100 meter dengan RS. Awal Bros. Warungnya sangat sederhana, tapi tampak ramai di pagi hari.

20130414-150628.jpg

Yang kedua adalah Sop Tunjang Pertama. Sop tunjang sebenarnya adalah sop iga. Namun, Sop Tunjang Pertama dimasak dengan cita rasa khas Melayu yang mantap. Berbeda dengan sop lain, sop tunjang lebih terasa segar berkat aroma seledri dan lada yang kuat. Rasa kuahnya pun jadi sangat mantap, sampai rasanya nggak ingin menyisakan kuah di mangkuk. Kalau sudah sampai dasar mangkuk, kita akan bisa lihat serbuk-serbuk rempah-rempah di masakan ini, pertanda bahwa makanan ini memang dibuat kaya bumbu.

Kalau tidak sedang ingin makan iga, di sini juga tersedia sop daging dan sop ayam yang rasanya juga enak. Sop ayam tampaknya dibuat dengan bumbu sama, hanya saja menggunakan kaldu ayam. Harganya masing-masing cuma Rp 15.000.

Sop Tunjang Pertama konon adalah kedai sop tunjang yang pertama kali ada di Pekanbaru. Lokasinya adalah di Jalan Pinang no. 36, sangat dekat dari Jalan Sudirman. Di bawah ini adalah gambar sop tunjang.

20130414-145518.jpg

Kalau sedang ke Pekanbaru, jangan lupa mampir yah!

- The Toilet Post

About these ads

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s